Sweet Lilac dari Eksplorasi Serat Alami

Universitas Trilogi, Desain Produk

 

Indusri fashion di Indonesia bergerak sangat cepat, beragam desain dan rumah mode tumbuh, salah satu yang sedang diminati adalah desain dengan konsep berkelanjutan atau sustained, produk dengan judul Sweet Lilac ini Mengeksplorasi serat kapuk menggunakan teknik jahit horizontal dan pewarna kulit ubi ungu. Serat kapuk memiliki daya serap yang baik terhadap pewarna alami.

Pada eksplorasi ini membuat 3 produk yaitu, Vest, Outer dan Sling bag

Dengan menambahkan nilai fungsional dari serat kapuk yang mana biasanya serat kapuk hanya dijadikan volume untuk barang, perancangan ini Mengeksplorasi serat kapuk menggunakan teknik jahit. Serat kapuk akan di mix dengan wool felt dan dicelup dengan pewarna alami yang masih jarang digunakan yaitu, kulit ubi ungu, sehingga memiliki warna yang khas dalam serat kapuk ini, memasukan pewarna alami akan menambah nilai estetika dari serat kapuk tersebut. Dalam eksplorasi serat kapuk ini akan dijadikan bahan baku tekstil untuk produsk fashion yang berjudul Sweet Lilac.

 

pada produk vest memiliki ukuran Lebar 53cm, Panjang 58cm, Lingkar Lengan 40cm, Lingkar dada 98cm, vest ini juga memiliki 2 kantong bagian depan yang berukuran Lebar 14cm, Panjang 17cm. Kantong pada vest ini cukup besar guna menyimpan handphone, uang, handsanitizer, card holder dan lain sebagainya, cocok dipakai ke acara non formal, hangout dan lain sebagainya.

Material dasar yang digunakan pada Vest ini ialah Serat Kapuk yang di Mix dengan Wool Felt sehingga lebih kuat tidak mudah putus dan hangat, diwarnai dengan pewarna alami kulit ubi ungu sehingga memiliki estetika yang lebih menarik untuk furing vest menggunakan bahan arrow/hero memerlukan 1,5meter.

 

produk outer memiliki ukuran Lebar 54cm, Panjang baju 78cm, Panjang lengan 55cm, Lebar Bahu 14cm, Lingkar Lengan 20cm, Lingkar dada 98cm. Outer ini sangat cocok dipakai acara formal.

Material dasar yang digunakan pada outer ialah serat kapuk mix dengan wool felt sehingga kuat tidak mudah rapuh dan hangat, , diwarnai dengan pewarna alami kulit ubi ungu sehingga memiliki estetika yang lebih menarik untuk bagian bawah dan lengan menggunakan bahan organza memerlukan  1 meter, untuk furing outer ini menggunakan bahan arrow/hero memerlukan 1,5meter.

 

Untuk produk sling bag Produk sling bag ini berukuran 18cm x 14cm x 7cm, memiliki 2 kantong terbuka dan 1 kantong resleting, Panjang Sling Bag 38cm, selain di slempang tas ini memiliki fungsi hand bag yang dapat dijadikan tas jinjing.

Material dasar yang digunakan pada slingbag ialah serat kapuk mix dengan wool felt sehingga kuat tidak mudah rapuh dan hangat, diwarnai dengan pewarna alami kulit ubi ungu sehingga memiliki estetika yang lebih menarik, untuk bagian furing slingbag menggunakan bahan maxmara 1 meter, bagian strap dibuat dari serat kapuk yang dilapisi bahan maxmara, bagian tali berbahan dasar kulit sintesis mix material rantai dengan panjang tali 38cm, memiliki 2 kantong terbuka dan 1 kantong resleting yang terbuat dari bahan maxmara.