Sepatu Kasual Pria Berbahan Kulit Kayu Ulin

Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Anindita R, Choirul Anam

DESKRIPSI

Sepatu kasual pria dengan desain modern yang berbahan kulit kayu ulin khas Kalimantan yang di kombinasi dengan kulit nabati.  Motif desain pada sepatu ini adalah pola anyam yang terletak pada bagian samping sepatu. Sepatu ini dibuat dengan tujuan memperkenalkan budaya Kalimantan kepada masyarakat serta membantu pengrajin kulit kayu ulin untuk lebih inovatif dalam pembuatan produk alas kaki.

 

 

 

 

 

KONSEP PRODUK

Konsep desain yang diterapkan dalam produk sepatu kasual berbahan kulit kayu ini adalah konsep Earth Tone, dimana menurut Hidayatty(2019) seperti namanya, style earth tone menggabungkan unsur warna bumi seperti cokelat, oranye, putih, hitam, dan hijau gelap. Warna yang masuk ke dalam konsep Earth Tone adalah warna yang berasal dari alam, misalnya tanah coklat, warna daun, atau langit berawan. Warna tersebut dapat menimbulkan kesan earthy, ramah lingkungan, ramah, dan juga berani. Pada pengaplikasiannya untuk produk sepatu kasual pria dengan kulit kayu ulin, konsep Earth Tone akan membantu menonjolkan karakteristik dari kulit kayu ulin. Hal tersebut dikarenakan kulit kayu ulin merupakan bahan alam, sehingga konsep Earth Tone menjadi pilihan untuk diaplikasikan pada produk sepatu kasual pria ini.

            

           

SPESIFIKASI PRODUK

Produk ini terbuat dari material Kulit Kayu ulin yang di baking dengan kain blacu, dan di kombinasi dengan kulit nabati, pada bagian linning / bagian dalam sepatu di lapisi dengan kain fisateri kain spons yang berukuran 5mm. Sepatu ini memiliki  ukuran 40 hingga 42. sol yang digunakan adalah sol rubber dan sol spons. Warna sepatu ini adalah warna asli pada material, tanpa ada pewarna tambahan. Pada bagian sepatu terdapat anyaman yang menambah keindahan sepatu kasual pria ini.