Redesain Kendaraan Taktis Rescue “Turangga”

Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) , Desain Produk

 

Deskripsi

“Turangga” adalah merk kendaraan taktis sipil produksi PT.Karya Tugasanda,yang saat ini digunakan oleh pihak BPBD Gresik sebagai mobil rescue. Dalam pengembangan kendaraan ini sendiri akan di fokuskan sebagai kendaraan penyelamaat saat bencana banjir, karena banjir adalah salah satu bencana yang menahun di kota Gresik,akibat kiriman dari kota di sekitarnya. Melihat kondisi geografis kota Gresik dengan infrastuktur jalan yang cukup sempit dan jenis banjir yang berarus.Pengembangan kendaraan ini di fokuskan pada kemampuan kendaraan untuk melewati medan dengan effisien dan juga memiliki daya muat angkut yang maksimal, untuk memenuhi kebutuhan operasi penyelamatan dan evakuasi

Konsep Desain

Konsep pengembangan produk ini adalah sebuah mobil penerjang air untuk evakuasi korban banjir dari titik kritis bahaya bencana ke titik kumpul evakuasi, pada lokasi yang terlalu sempit untuk dilalui truk dan terlalu berarus untuk di lalui perahu LCR. Selain itu kendaraan ini juga punya fungsi untuk mengangkut peralatan dari posko TD menuju lokasi bencana. Adapun penerapan Amphibi tidak bisa di aplikasikan karena kondisi ketinggian air banjir serta kepadatan lokasi bencana yang tidak mendukung. Berberapa fitur yang di tambahkan dari versi sebelumnya adalah, adanya kursi multifungsi di saf ke 2 untuk menjadi tempat berbaring korban yang harus berbaring/tidak bisa duduk. Tempat penyimpanan peralatan yang mudah di jangkau dan terorganisir. Serta bentuk front fascia kendaraan yang di rancang untuk menghasilkan wave-making yang lebih sedikit yang menciptakan effisiensi saat menerjang banjir.

Spesifikasi Produk

Beberapa fungsi di tambahkan seperti kursi pada saf 2 yang di buat custome untuk memenuhi kebutuhan terkait ruang untuk korban yang tidak bisa duduk. Fungsi struktur terbuka di bak kendaraan untuk memudahkan penambahan part ekstensi seperti clamp maupun soft top, dan juga mempermudah pengaturan ruang pada bagian bak untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna. Peletakan beberapa perlatan juga memanfaatkan ruang tersisa yang mudah di akses. Terdapat pula akses tangga kecil di bagian belakang bak untuk mengakses bagian atap kendaraan, untuk mempermudah pengaturan peralatan yang nantinya akan diletakan pada rak atap kendaraan.

 

  

 

 

Post a comment