Mega Healtor

Logo-UPJ

Universitas Pembangunan Jaya - UPJ

Muhammad Asshiddiqi, Ismail Alif Siregar, M.A - Hari Nugraha PhD

Mega Healtor adalah nama kedaraan yang dibuat, “Mega” dipilih untuk mendeskripsikan kedaraan yang besar, sementara “Healtor” diambil dari singkatan healer dan connector. Mega Healtor dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan BUMN Telekomunikasi atau yang lebih dikenal dengan Telkom Indonesia. Perusahaan ini memiliki misi untuk bisa memberikan layanan jaringan komunikasi seluler  yang memadai diwilayah bencana berupa kendaraan, hal ini mereka lakukan karena salah satu dampak dari bencana alam adalah kerusakan jaringan komunikasi, yang pada akhirnya membuat komunikasi di wilayah bencana menjadi terhambat. Namun tidak hanya digunakan untuk menanggulangi masalah komunikasi tetapi kendaraan ini juga akan memiliki fungsi lain yang bisa membantu korban bencana yang ada.

            Berdasarkan dari permasalahan diatas maka Mega Healtor dirancang guna untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Mega Healtor dilengkapi dengan fasilitas penyedia jaringan komunikasi seluler yang dilepngkapi dengan kemampuan medis, hal ini dilakukan mengingat banyaknya korban bencana yang perlu untuk ditolong.

            Dengan adanya 2 tugas maka kendaraan maka kendaraan akan memiliki dimensi yang lebih panjang dan akan terjadinya penambahan bobot pada kendaraan, maka dari itu kendaraan akan dikonversi menjadi kendaraan 6×6 hal ini dilakukan agar kendaraan mampu mengakomodir keperluan yang akan dibawa.

            Toyota Hilux 4×4 dipilih karena memiliki kemampuan yang dirasa cukup mumpuni untuk mengusung keperluan yang dibutuhkan, sementara pada bagian belakang kendaraan akan terbuat dari material Aluminum LT5, bahan ini dipilih karena memiliki kriteria yang cocok untuk digunakan.

            Untuk pengoprasian kendaraan ini terbagi menjadi 2 yaitu mengoperasikan untuk penggunaan ruang medis, dimana pada petugas medis bisa memasukan stretcher kedalamnya dan apabila ruangan tidak mencukupi maka bisa menggunakanawning yang ada di samping kendaraam , sementara alat komunikasi sendiri bisa operasikan dengan meninggikan dan memasang pemancar signal dan dioperasikan dari bagian samping kanan kendaraan

Post a comment