HUMANITY

Logo-UC

Universitas Ciputra Surabaya

Daniella Sharren Raynald, Rahayu Budhi Handayani

Deskripsi Proyek: 

Koleksi Humanity terinspirasi oleh permasalahan limbah plastik di Indonesia serta permasalahan kekejaman terhadap hewan dalam dunia fesyen. Permasalahan limbah plastik merupakan permasalahan yang serius jika tidak cepat ditangani, bukan hanya merusak bumi namun juga mempengaruhi kesehatan manusia bahkan dapat membunuh hewan. Ditambah dengan permasalahan kekejaman terhadap hewan yang sangat sering dijumpai dalam industri fesyen. Miliaran hewan menderita dan mati akibat industri fesyen terutama produk aksesoris setiap tahunnya.

Humanity merupakan sebuah koleksi berupa tas dengan bahan utama limbah karung beras plastik. Sebuah koleksi yang mendukung fesyen berkelanjutan, dimana limbah diproses melalui teknik daur ulang (recycle) yaitu limbah karung beras plastik diolah menjadi bahan substitusi kulit buaya sehingga bukan hanya dapat mengurangi limbah karung beras plastik namun juga mengurangi tindakan kekejaman terhadap hewan.

Kebaruan Produk:

Inovasi baru dalam mengolah limbah karung beras plastik hingga dapat menyerupai kulit buaya asli sehingga dapat dijadikan bahan substitusi / alternatif croco leather.

Uraian Pengguna:

Tas dengan ukuran yang cukup besar sehingga dapat memuat banyak barang, dapat digunakan dengan cara dijinjing maupun diselempang.

Spesifikasi Material:

Material utama yang digunakan dalam produk ini adalah limbah karung beras plastik. Limbah karung beras plastik melewati proses heat setting sehingga menimbulkan tekstur yang menyerupai kulit buaya. Setelah melewati proses heat setting, dilanjutkan dengan proses pewarnaan menggunakan beberapa teknik sehingga menambahkan efek timbul dari kulit buaya agar menyerupai kulit buaya aslinya. Sesudah tahap pewarnaan kering, diselesaikan dengan tahap pelapisan sehingga dapat melindungi seluruh proses pengolahan yang telah dilakukan.

Hasil dari pengolahan limbah karung beras plastik menjadi bahan substitusi kulit buaya telah teruji durabilitasnya. Memiliki sifat tahan air, tidak membekas saat terlipat, dan pewarnaan tidak pudar membuat tas dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, sebagai salah satu nilai lebih dalam fesyen berkelanjutan.

Post a comment