Alat Makan Bambu dengan Pewarna Alami

Universitas Trilogi, Desain Produk

Deskripsi Produk

NepBoo merupakan produk set alat makan dengan menambahkan unsur sumber kekayaan Indonesia yaitu material bambu dan rempah-rempah. Kata NepBoo singkatan dari Genep Bamboo, yang berarti angka enam dalam Bahasa sunda mewakili bentuk segi enam dan material bambu sebagai bahan utama. Menghadirkan nuansa baru yang bersifat modern dan bahkan cendrung kaku. Dengan menerapkan teknik bending dan laminasi pada proses produksi juga pewarnaan  dan aroma anti semut alami yang aman bagi pengguna  menjadikan ciri khas pada produk.

Konsep Desain

Konsep bentuk hexagonal, adalah sebuah segi banyak (poligon) dengan enam sisi dan enam titik sudut yang ditampilkan pada produk alat makan, terinspirasi dari bentuk sarang lebah, karena bentuk paling ideal dapat menghasilkan ruang maksimal juga bagian dari kumpulan 6 buah segitiga sehingga menjadikan struktur ini sebagai terkuat. Bentuk ini yang kemudian menyesuaikan dengan kebutuhan produk alat makan dengan memiliki fungsi bagi pengguna. Material berbahan alami secara keseluruhan didasari konsep “back to nature”.

Target pasar dalam perancangan produk ini difokuskan untuk penguna alat makan seperti di café. Café selalu menyajikan alat makan yang unik dan menyesuaikan dengan tema café itu sendiri. Selain café produk ini juga bisa digunakan untuk peralatan rumah tangga, acara pesta, toko kue, dan restaurant.

Spesifikasi Desain

Produk yang terdiri dari gelas, piring ukuran sedang dan kecil, mangkuk ukuran sedang dan kecil dan nampan bermaterial utama yaitu bambu dengan menggunakan jenis bambu petung dan andong karena mempunyai ketebalan dan diameter lebih dari pada jenis bambu lainnya yang tersedia dan memudahkan proses produksi. Bahan pewarnaan alami yang digunakan yaitu kunyit melalui tahap eksplorasi untuk menentukan zat senyawa yang lebih banyak agar bisa di aplikasikan dalam perancangan. Aroma anti semut alami bertujuan menggindari serangga seperti semut dalam pesajian makanan menggunakan bahan kopi, kayu manis dan cengkeh  yang kemudian disatukan dan direkatkan pada produk.

Post a comment